Resign adalah suatu keadaan dimana seorang karyawan mengajukan pengunduran diri bekerja dalam sebuah perusahaan. Ada cukup banyak alasan yang disampaikan oleh karyawan saat resign. Berikut ini adalah 5 alasan terbanyak yang tercatat di HRIS Solusi Indonesia atas resign-nya seorang karyawan.

1. Tawaran Pekerjaan Yang Lebih Baik

Alasan yang paling sering diungkapkan oleh seorang karyawan saat adalah mendapatkan tawaran pekerjaan yang lebih baik. Biasanya seseorang mendapatkan tawaran pekerjaan yang lebih baik dari perusahaan lain saat karyawan tersebut melamar kerja, atau karena diajak (hijacked) oleh perusahaan lain, terutama kompetitor. Tawaran yang lebih baik ini biasanya berupa kompensasi pendapatan atau jabatan. Namun demikian jangan lupa, masih banyak faktor lain yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan.

2. Gaji Tidak Sesuai

Tidak sesuai bukan berarti sedikit. Karyawan seringkali membandingkan take and give dalam menentukan permintaan gaji. Seberapa besar yang diberikan oleh karyawan tersebut ke perusahaan, terutama dalam segi waktu, dan akan dibandingkan dengan pendapatan yang diperoleh, baik berupa gaji maupun fasilitas. Perusahaan yang belum mempunyai struktur skala upah yang baik, biasanya akan banyak mengalami alasan resign seperti ini.

3. Menjadi Pengusaha

Dengan maraknya kemudahan membuka bisnis pribadi, seperti makanan dan minuman, alasan resign untuk menjadi pengusaha (berjualan) saat ini cukup menjadi trend bagi karyawan. Cukup banyak karyawan yang dari awalnya hanya coba-coba mengambil waralaba, sampai akhirnya benar-benar memutuskan untuk resign dan fokus pada usaha. Apalagi dengan kemudahan teknologi sekarang yang dibantu dengan aplikasi, sangat mendorong orang untuk lebih konsumtif.

4. Kenyamanan Lingkungan Kerja

Faktor kenyamanan juga menjadi salah satu hal yang membuat karyawan memutuskan untuk resign. Kadangkala seseorang yang mempunyai kinerja bagus, secara drastis dapat menurun performa nya dikarenakan lingkungan kerja yang kurang nyaman. Perbedaan budaya kerja, cara main, dan aturan, seringkali juga membuat seseorang menjadi tidak nyaman berada di lingkungan kerja tersebut.

5. Jenjang Karir

Faktor lain yang menjadi penyebab resign adalah jenjang karir. Beberapa kelompok karyawan masih mementingkan jenjang karir. Perusahaan tradisional, biasanya kurang mempunyai kesempatan peningkatan karir bagi karyawan. Berbeda dengan perusahaan yang lebih profesional, yang mempunyai struktur organisasi yang lebih jelas. Biasanya jenjang karirnya akan lebih jelas.

Nah demikian beberapa alasan yang pernah disampaikan oleh para pengguna HRIS Solusi Indonesia. Bagaimana dengan Anda? Silakan ikuti polling dibawah ini.

[yop_poll id=”1″]