Survey Faktor Kesuksesan Thomas Stanley

Ada salah satu survey yang cukup menarik dari seorang Thomas J. Stanley di Amerika Serikat. Dalam survey nya terhadap 733 milyuner di Amerika Serikat, didapatkan 100 besar faktor yang menentukan kesuksesan seseorang dalam bekerja. Yang mengejutkan adalah, dalam faktor kesuksesan Thomas Stanley ,10 besarnya merupakan interpersonal skill, atau biasa disebut soft skill. Wow!

Jika selama ini perusahaan-perusahaan di Indonesia seringkali mengadakan tes IQ sebagai salah satu syarat rekrutmen, ternyata dari hasil survey faktor kesuksesan Thomas J. Stanley, IQ hanya menduduki peringkat ke 21. Hal lain yang cukup mengejutkan adalah faktor lulusan dari sekolah atau universitas mana, yang hanya menduduki peringkat ke-23.

Jadi apa yang menjadi nomor 1 dalam survey faktor kesuksesan Thomas Stanley?

Ternyata yang menjadi faktor nomor 1 dalam menentukan kesuksesan seseorang adalah KEJUJURAN. Ya benar, kejujuran. Apakah hari ini masih ada orang yang jujur? Harusnya masih banyak. Apakah kita sudah menjadi orang yang jujur? Hanya kita masing-masing yang dapat menjawabnya.

Nah lantas apa faktor kesuksesan Thomas Stanley? Berikut adalah 10 besar urutan faktor yang menentukan kesuksesan berdasarkan survey yang dilakukan oleh Thomas J. Stanley

 

  1. Kejujuran (Being honest with all People)
  2. Disiplin keras (Being well-disciplined)
  3. Mudah bergaul (Getting along with People)
  4. Dukungan pendamping (Having a supportive spouse)
  5. Kerja keras (Working harder than most people)
  6. Kecintaan pada yang di kerjakan (Loving my career/business)
  7. Kepemimpinan (Having strong Leadership qualities)
  8. Kepribadian kompetitif (Having a very competitive spirit/Personality)
  9. Hidup teratur (Being very well-Organized)
  10. Kemampuan menjual Ide (Having an ability to sell my Ideas/Products)

Jika teman-teman ingin mengembangkan soft skill pribadi, saat ini sudah sangat mudah sekali. Sumber pembelajaran di internet juga sudah sangat banyak. Kadang kala kita juga memerlukan mentor untuk membantu pengembangan diri kita, untuk dapat meraih kesuksesan.

Sukses tidak hanya diukur dari materi. Standar kesuksesan tiap orang sangat berbeda-beda, tergantung bagaimana kita memaknainya. Salah satu mentor di Solusi Indonesia, Om Frans, juga mempunyai pendekatan yang berbeda dalam memaknai sebuah kesuksesan. Ingin kenal diskusi dengan Om Frans? Silakan hubungi beliau di sesi Tanya Om Frans ini.